Thursday, November 11, 2010

in Memory with Syekh Thontowi, Former Grand Syekh Azhar


Jum'at, 06-Juni-2008

            Hari libur untuk melepas semua penat ini betul-betul berharga, coz libur ini ga sekedar libur, tapi diisi pengajian tafsir yang diasuh langsung oleh grand syekh azhar Prof. DR Sayyid Muhammad Thontowi. Kitab tafsir yang dikaji pun karangan beliau sendiri. Suatu keutamaan dalam menuntut ilmu, mengkaji kitab dibimbing sang penulis.

            Dan hari ini, bukan kajian tafsir yang beliau sampaikan, tapi respons terhadap pertanyaan salah seorang jama'ah, tentang kehadiran beliau kemarin di mu'tamar robithoh alam islam. Beliau menjelaskan cukup rinci apa itu hiwar di dalam mu'tamar tersebut, dengan mengutarakan contoh perbedaan pendapat antara imam malik dan imam hanafi serta pandangan imam syafi'i tentang sholat sunnah ketika khutbah jum'at sedang berlangsung. Materi ini cukup penting. Dan gw memilih mazhab syafi'i yang membolehkan sholat sunnah ketika khutbah.

            Disela-sela pembicaraan, beliau kerap kali menukil ayat. Salah satu yang beliau nukil adalah  واذا قرئ القرآن فاستمعوا له وانصتوا لعلكم ترحمون  . Beliau menuturkan dengan mendengarkan bacaan Al-Qur'an mungkin Allah akan membukakan pintu rahmat bagi yang mendengarkan.

            "Saya yang sudah lebih dari 50 tahun ini hafal Qur'an ketika mendengar suatu ayat saya pernah berpikir seolah-olah saya belum pernah mendengar ayat ini, padahal dalam kajian tafsir mungkin sudah ratusan kali ayat ini saya bahas, namun demikianlah mu'jizat Al-Qur'an", kalimat ini terucap ketika beliau menjelaskan lebih rinci tentang fadhilah bagi orang yang mendengarkan bacaan Qur'an.

            Beliau sedikit bercerita tentang seorang pejabat setingkat menteri atau lebih tinggi yang kebetulan duduk disamping beliau dalam suatu acara. Pejabat itu menanyakan makna suatu ayat. Untuk menjelaskan ayat tersebut, syekh akbar ini perlu merujuk kembali runtutan ayat sehingga bisa lebih mendalamlah pemahaman akan kandungan ayat.

            Dan dalam renungan disela-sela mendengarkan pembicaraan beliau, gw kembali sadar tentang perjalanan yang selama ini gw tempuh. Al-Qur'anlah sesungguhnya titik awal perjalanan ini. Dan menghafal, mempelajari dan mengamalkan nilai-nilai Qur'an adalah sebuah jalur perjalanan. Sementara tujuannya adalah mendapat ridho Allah dengan menjadi bagian dari keluargaNya.

            Bismillah, aku telah memulai perjalanan ini, bantu aku ya Allah untuk istiqomah dan sabar, padaMu ku mohon rahmat dan fadhilahMu untuk keberhasilan perjalanan ini. PadaMu ke berserah diri, hidupku dan matiku hanya untukMu.

اللهم اجعلنى من اهل القرآن الذين هم اهلك وخاصتك

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
أحمد فخرانى, جاكرتا الاندونيسى مولدا, القدسى والقاهرى نشأة, الأزهرى منهجا, الشافعى مذهبا, السنّى عقيدة, الصدّيقى سلسلة,الدرقاوى اسنادا, الشاذلى طريقة, النبوى وراثة, المحمدى خليفة, الرحمن عبدا, الرحيم رحمة.

Pages